SURVEI MINAT SISWA SMP DAN SEDERAJAT TERHADAP EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2015


YUNITA FELLA SUFFA, 6101411030 (2015) SURVEI MINAT SISWA SMP DAN SEDERAJAT TERHADAP EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411030-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran orang tua sangat penting bagi pertumbuhan anak sejak dini dalam hal pendidikan pun orang tua perlu mengawasi dan membimbing kesehariannya dan perlu adanya suasana yang kondusif sehingga dapat memancing keluarnya potensi anak, dan penerapan yang perlu dilakukan dengan memberikan pendidikan dengan formal maupun non formal. Keterlibatan sekolah dalam pada masa remaja sangat berpengaruh bagi perkembangan remaja. Masa remaja juga cenderung lebih banyak melakukan aktifitas diluar rumah, sehingga perlu adanya pihak sekolah dalam membantu siswa memiliki minat yang positif agar dapat dikembangkan didalam kegiatan ekstrakurikuler. Minat khusus yang dimaksud dalam hal ini adalah minat dalam kegiatan olahraga yang dikembangkan di luar jam sekolah. Dalam hal ini masalah yang timbul adalah bagaimana minat siswa SMP dan Sederajat terhadap ekstrakurikuler olahraga sekecamatan wiradesa tahun 2015. Tujuan dalam penelitian ini yaitu agar kecamatan wiradesa memiliki bibit seorang atlit yang tidak hanya sekolah negeri tetapi sekolah swasta juga perlu memiliki seorang atlit. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi sarana dan prasarana, angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 282 siswa sekecamatan wiradesa yang terdiri dari 4 sekolah yaitu SMP N 1, SMP N 2 SMP Muh, dan MTs 45 Wiradesa masing-masing sekolah mengambil 2 kelas dengan 1 kelas VII dan 1 Kelas VIII. Validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha. Hasil penelitian yang diperoleh secara keseluruhan pada minat siswa terhadap ekstrakulikuler olahraga SMP dan sederajat sekecamatan wiradesa sebanyak 54%. Dibagi pada 3 faktor yaitu perhatian, ketertarikan dan kebutuhan. Dalam ketiga faktor tersebut prosentase yang paling menonjol adalah faktor perhatian yang memiliki prosentase 57%, siswa memiliki perhatian yang tinggi tetapi tidak dapat menyalurkan perhatian karena faktor prasarana dan keutamanan pada ekstrakulikuler yang lain. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa banyaknya perhatian dan minat siswa yang ingin mengikuti ekstrakurikuler tetapi tidak dapat tersalurkan dengan baik karena kurangnya sumber daya manusia, prasarana sekolah yang tidak lengkap dan perlu adanya penambahan tugas pada guru pelajaran selain guru penjas untuk menjadi pendamping dalam kegiatan olahraga perlu adanya solusi dalam meningkatkan prasarana yg belum ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa SMP dan Sederajat, Ekstrakurikuler Olahraga.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:42
Last Modified: 12 Nov 2015 21:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21717

Actions (login required)

View Item View Item