PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FOOT BOWLING DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Hamid Fa’izun, 6101411032 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FOOT BOWLING DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411032-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kurangnya kesiapan guru menjadi seorang guru penjasorkes terutama dalam melakukan pengembangan permainan saat pembelajaran sepakbola di sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk pengembangan model permainan Foot Bowling dalam pembelajaran sepakbola untuk siswa sekolah menengah pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model permainan Foot Bowling dalam pembelajaran sepakbola untuk siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu: 1) melakukan analisis kebutuhan, 2) mengembangkan bentuk produk awal, 3) evaluasi ahli menggunakan satu ahli penjasorkes sepakbola dan satu ahli pembelajaran penjasorkes, 4) uji coba skala kecil (10 siswa), 5) revisi produk pertama, 6) uji coba skala besar (25 siswa), 7) revisi produk akhir, 8) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner evaluasi para ahli, kuesioner siswa, hasil pengamatan ahli pembelajaran, hasil observasi dan wawancara dengan guru penjasorkes maupun siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil evaluasi ahli, penelitian uji coba skala kecil yaitu 79% sedangkan hasil persentase skala kecil yaitu 91,33% (korelasi sempurna). Hasil uji coba skala besar didapat persentase 91,67% (korelasi sempurna) dengan hasil evaluasi ahli sebesar 87%. Hasil penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor uji coba skala kecil dan uji coba skala besar meningkat dengan selisih 0,34%. Berdasarkan hasil tersebut, maka permainan Foot Bowling ini telah memenuhi kriteria korelasi sempurna. Disimpulkan bahwa pengembangan model permainan Foot Bowling dalam Pembelajaran Sepakbola dapat digunakan di sekolah menengah pertama. Saran dari peneliti yaitu: 1). Bisa dijadikan sebagai alternatif guru penjasorkes dalam pengembangan permainan sepakbola. 2). Bagi pembaca, penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan model permainan sepakbola lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Foot Bowling, Sepakbola, Sekolah Menengah Pertama
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:38
Last Modified: 12 Nov 2015 21:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21716

Actions (login required)

View Item View Item