PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN MATERI HARGA DIRI KELAS III TERHADAP TINGKAT HARGA DIRI SISWA GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Nur Afina Hanifah, 1401411577 (2015) PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN MATERI HARGA DIRI KELAS III TERHADAP TINGKAT HARGA DIRI SISWA GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411577-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dapat diambil dari tiga ranah menurut Bloom yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga ranah tersebut merupakan satu-kesatuan yang utuh dan tidak dapat berdiri sendiri-sendiri serta saling berkaitan satu sama lain. Hasil belajar dapat dilihat dari perubahan perilaku pada siswa. Perubahan perilaku inilah yang menjadi tanda siswa telah meraih keberhasilan dalam belajar di SD Negeri di Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) tingkat harga diri siswa kelas III di sejumlah SD Negeri di Gugus Diponegoro; dan (2) hubungan dan pengaruh hasil belajar mata pelajaran PKn materi Harga Diri kelas III terhadap tingkat harga diri siswa Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas III SD Negeri di Gugus Diponegoro yang berjumlah 365 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan perhitungan sampel sebanyak 191 siswa yang tersebar di SD penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,003 dan nilai t hitung sebesar 2,971 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,97260, sehingga dapat disimpulkan H 0 ditolak dan H a diterima karena 0,003 < 0,05. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar materi Harga Diri dengan tingkat harga diri siswa; (2) hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 20 menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,211 yang berarti hubungan sangat lemah antara hasil belajar materi Harga Diri dengan tingkat harga diri; (3) koefisien determinasi (R2) bernilai 0,045 menunjukkan persentase sumbangan pengaruh hasil belajar materi Harga Diri sebesar 4,5%. Artinya, sebesar 4,5% tingkat harga diri siswa dipengaruhi oleh hasil belajar materi Harga Diri sedangkan 95,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian maka guru hendaknya tidak hanya memberikan penilaian dari aspek kognitif saja, akan tetapi aspek afektif juga perlu dinilai. Selain itu, penekanan nilai-nilai yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan merupakan hal yang tidak dapat diremehkan. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa, maka sikap siswapun akan meningkat, sehingga guru dalam proses belajar mengajar perlu memasukkan nilai-nilai pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teori bloom; harga diri; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:39
Last Modified: 12 Nov 2015 21:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21715

Actions (login required)

View Item View Item