KONSEP WARNA-WARNI TENUN INDONESIA SEBAGAI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SARUNG GAJAH DUDUK PRODUKSI PT. PISMATEX


Marsa Iman ‘Adlina, 2411410004 (2015) KONSEP WARNA-WARNI TENUN INDONESIA SEBAGAI PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SARUNG GAJAH DUDUK PRODUKSI PT. PISMATEX. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411410004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sarung merupakan sandang yang banyak dikenakan oleh masyarakat Indonesia, baik digunakan sehari-hari atau sebagai atribut ibadah umat muslim, hingga kaitannya dengan tradisi tenun di Indonesia. Gajah Duduk adalah salah satu brand sarung produksi PT. Pismatex. Sarung Gajah Duduk adalah sarung yang ditenun dengan mesin yang di produksi dalam banyak pilihan varian motif dan warna. Beberapa varian produk sarung Gajah Duduk diproduksi dengan menerapkan motif khas Indonesia, namun produk-produk tersebut belum banyak dikenal oleh konsumen sehingga tingkat penjualannya masih rendah, apabila dibandingkan dengan varian motif yang sudah umum. Tujuan proyek studi ini adalah: (1) Menghasilkan ragam media promosi untuk mengenalkan enam varian produk sarung Gajah Duduk dengan motif khas Indonesia yang belum diperkenalkan dengan baik pada konsumen, (2) Memperbaiki dan menambahkan ragam media promosi terdahulu untuk enam varian produk sarung Gajah Duduk bermotif khas Indonesia, (3) Menyampaikan nilai yang terkandung dalam produk sarung Gajah Duduk bermotif khas Indonesia kepada konsumen melalui media promosi. Metode perancangan media promosi dilakukan dengan menganalisis target audience, kemudian mencari ide dan berkonsultasi dengan klien, selanjutnya dilakukan proses produksi yaitu persiapan peralatan, membuat sketsa, proses perancangan media promosi, proses cetak dan membangun karya, lalu menentukan penempatan atau sasaran media. Media promosi dirancang dengan menerapkan konsep bertajuk „Warna- Warni Tenun Indonesia‟ untuk 6 (enam) varian sarung Gajah Duduk yang memiliki motif khas Indonesia. Terdapat beberapa kategori bentuk media promosi, yaitu Stationery Set, Iklan Media Cetak, Merchandise, Kalender, Kemasan primer dan sekunder, dan CD Interaktif berupa profil media promosi. Pada media promosi diterapkan unsur visual yang serupa untuk menguatkan kesatuan karakter dari keenam varian produk bermotif khas Indonesia. Kecuali pada unsur visual yang diterapkan pada kemasan primer, yang lebih mengkomunikasikan karakter setiap varian secara khusus. Dengan diciptakannya media promosi sarung Gajah Duduk dengan konsep Warna-Warni Tenun Indonesia diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian pesan yang baik dari produsen kepada konsumen, yaitu mempromosikan produk untuk meningkatkan jumlah penjualan, serta memastikan konsumen mengerti makna produk sarung Gajah Duduk dengan motif khas Indonesia yang ingin disampaikan oleh produsen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarung, Tenun, Media Promosi, Gajah Duduk
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:40
Last Modified: 12 Nov 2015 21:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item View Item