PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN DI KELAS VB SDN SAMPANGAN 02


NINIK MULYANI, 1401411576 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN DI KELAS VB SDN SAMPANGAN 02. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411576-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan oleh guru di kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang diketahui bahwa kualitas pembelajaran Matematika masih rendah. Guru belum menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran tidak banyak melibatkan siswa dan terkesan teacher centered. Suasana pembelajaran kurang menyenangkan dan tampak menegangkan. Siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran. Siswa juga belum bisa bekerja sama dengan siswa lain. Guru belum menggunakan media yang menarik. Hal tersebut didukung dari data pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dalam KD 3.2 perkalian dan pembagian pecahan menunjukkan bahwa 29 dari 41 siswa atau 70,73 % siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan. Peneliti mengadakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Course Review Horay berbantuan CD pembelajaran. Rumusan masalah secara umum adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui model pem-belajaran kooperatif Course Review Horay berbantuan CD pembelajaran pada Siswa Kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang?. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I mendapat skor rata-rata 32 dengan kriteria baik, siklus II 43 dengan kriteria sangat baik, dan siklus III 47 dengan kriteria sangat baik (2) aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III secara berturut- turut memperoleh skor yaitu 50,25 dengan kriteria baik, 61,55 dengan kriteria sangat baik, siklus III skor 64,30 dengan kriteria sangat baik (3) iklim pembelajaran siklus I mendapatkan rata-rata skor 8,5 dengan kriteria baik, siklus II 14,5 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III menjadi 15 dengan kriteria sangat baik, (4) kualitas media siklus I mendapatkan rata-rata skor 16 dengan kriteria sangat baik, siklus II menjadi 18,5 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III menjadi 19 dengan kriteria sangat baik, (5) kualitas materi siklus I mendapatkan rata-rata skor 14 dengan kriteria sangat baik, siklus II 15 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III 16 dengan kriteria sangat baik. (6) persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa secara berturut- turut dari siklus I sampai siklus III adalah 65,85 %, 73,17% dan 82,93%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Course Review Horay berbantuan CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas VB SDN Sampangan 02Kota Semarang. Saran yaitu ketika membahas jawaban soal latihan, kartu bernomor dari semua kelompok hendaknya dipegang guru agar tidak terjadi kecurangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Pembelajaran, Course Review Horay
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:35
Last Modified: 12 Nov 2015 21:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item