PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA BELADIRI TAEKWONDO DI PEMUSATAN LATIHAN DAERAH (PELATDA) TAEKWONDO INDONESIA JAWA TENGAH TAHUN 2014/2015


Yulhida Widyaningrum, 6101411035 (2015) PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA BELADIRI TAEKWONDO DI PEMUSATAN LATIHAN DAERAH (PELATDA) TAEKWONDO INDONESIA JAWA TENGAH TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411035-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Taekwondo Indonesia Jawa Tengah selama ini menjadi salah satu barometer nasional prestasi Taekwondo Indonesia. Saat ini tim Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah sedang mempersiapkan atletnya untuk menghadapi Pra PON (Pra Pekan Olahraga Nasional) 2015 dan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke XIX tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini terfokus pada bagaimana pelaksanaan pembinaan atlet taekwondo di Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah Tahun 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembinaan prestasi olahraga taekwondo di Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah Tahun 2014/2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi dan sasaran di Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah yang lokasinya berada di Komplek Gelora Jatidiri Kota Semarang, KONI Jawa Tengah dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah. Dalam Penelitian ini yang dijadikan sasaran penelitian adalah pengurus, pelatih dan atlet untuk dijadikan sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggungakan pengujian kredibilitas, pengujian transferability, pengujian dependability, pengujian confirmability. Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu; 1. Data reduction, 2. Data display, 3. Conclusion drawing atau verification Pelaksanaan pembinaan taekwondo di Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah meliputi; 1) Pemasalan atlet tergolong dalam kategori sangat baik, 2) Pembibitan tergolong dalam kategori sangat baik, 3) Prestasi tergolong kategori baik, 4) Atlet dalam kategori sangat baik, 5) Pelatih kategori baik, 6) Organisasi dalam kategori baik 7) Sarana dan prasarana dalam kategori baik, 8) KONI dalam kategori sedang, 9) Dinpora dalam kategori baik. Simpulan pembinaan prestasi taekwondo di Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah tahun 2014/2015 termasuk dalam kategori baik. Saran Pengprov Taekwondo Indonesia Jawa Tengah diharapkan terus berupaya meningkatkan strategi pembibitan dan pengadaan sarana dan prasarana untuk menunjang prestasi Taekwondo Jawa Tengah. Kepada satuan pendidikan diharapkan ikut berperan dalam pembinaan prestasi di Pelatda Taekwondo Indonesia Jawa Tengah. Kepada pelatih diharapkan terus memantau perkembangan atlet baik secara fisik maupun psikologis. Kepada KONI Jawa Tengah diharapkan terus meningkatkan pemenuhan kebutuhan atlet. Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah diharapkan meningkatkan program peningkatan prestasi olahraga khususnya Taekwondo. Kepada semua pihak terkait diharapkan ikut berpartisipasi dalam rangka mensukseskan Taekwondo Jawa Tengah di event Pra PON 2015 Jawa Tengah khususnya dan PON 2016 di Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Taekwondo.
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:34
Last Modified: 12 Nov 2015 21:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21712

Actions (login required)

View Item View Item