PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN I KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP


Luthfi Nurul Hidayathi, 1401411575 (2015) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN I KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411575-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan suatu komponen penting dalam proses kegiatan pembelajaran. Setiap guru pasti memiliki suatu kinerja. Kinerja guru memiliki peranan penting dalam pencapian tujuan suatu pembelajaran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, antara lain adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang ideal akan memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Selain itu, motivasi berprestasi yang dimiliki oleh guru juga merupakan suatu faktor internal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerj guru. Variabel yang diteliti dalam peneitian ini ada 3 yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas 1 (X 1 ), motivasi berprestasi ebagai variabel bebas 2 (X 2 ), dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 responden dengan sampel sebanyak 90 yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis meliputi uji analisis regresi berganda (R), uji analisis determinasi (R 2 ), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) ada pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru; (3) ada pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru; (4) gaya kepemimpinan memberikan sumbangan pengaruh sebesar 13,2% terhadap kinerja guru ; (5) motivasi berprestasi memberikan sumbangan sebesar 27,7% terhadap kinerja guru; dan (6) gaya kepemimpinan dan motivasi berprestasi secara bersama-sama memberikan sumbangan pengaruh sebsear 28,7% terhadap kinerja guru. Dengan demikian saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah kepala sekolah dapat menggunakan gaya kepemimpinan yang ideal dan efektif dan hendaknya guru lebih menumbuhkan motivasi berprestasi untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Berprestasi; Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:31
Last Modified: 12 Nov 2015 21:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21711

Actions (login required)

View Item View Item