PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL BOYAN MEMBANGUN INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SDN PANGGUNG 5 KOTA TEGAL


Fahmi Rizkianto, 6101411036 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL BOYAN MEMBANGUN INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SDN PANGGUNG 5 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411036-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar masih berorientasi pada olahraga kecabangan. Pembelajaran penjasorkes melalui permainan tradisional jarang dilakukan. Permainan tradisional yang diajarkan dalam pembelajaran penjasorkes juga tidak variatif dan tidak diajarkan dalam bentuk modifikasi sehingga pembelajaran penjasorkes melalui permainan tradisional kurang diminati di sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana produk pengembangan model permainan tradisional boyan membangun Indonesia untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SDN Panggung 5 Kota Tegal?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk model permainan tradisional boyan membangun Indonesia untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SDN Panggung 5 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba I dan revisi, uji coba II dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba I diperoleh hasil evaluasi ahli yaitu ahli penjasorkes 73,33% (baik), ahli pembelajaran 81,33% (baik), hasil kuesioner siswa diperoleh rata-rata 87,50% (baik) dan hasil uji coba II diperoleh hasil evaluasi ahli yaitu ahli penjasorkes 77,33% (baik), ahli pembelajaran 82,66% (baik), hasil kuesioner siswa diperoleh rata-rata 88,14% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa produk model permainan tradisional boyan membangun Indonesia ini layak digunakan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SDN Panggung 5 Kota Tegal. Saran yang dapat disampaikan yaitu produk model permainan tradisional boyan membangun Indonesia hendaknya bisa digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran permainan bola kecil untuk siswa kelas V SDN Panggung 5 Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penjasorkes, Permainan Tradisional.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:30
Last Modified: 12 Nov 2015 21:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21710

Actions (login required)

View Item View Item