KEEFEKTIFAN METODE QQOQCCP DALAM MENGUBAH DIALOG MENJADI KARANGAN NARASI PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Febriana Yuyun Aminingsih , 2301404008 (2009) KEEFEKTIFAN METODE QQOQCCP DALAM MENGUBAH DIALOG MENJADI KARANGAN NARASI PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE QQOQCCP DALAM MENGUBAH DIALOG MENJADI KARANGAN NARASI PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE QQOQCCP DALAM MENGUBAH DIALOG MENJADI KARANGAN NARASI PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (429kB) | Preview

Abstract

Secara umum, ketrampilan menulis mahasiswa kurang, mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam penyusunan sebuah karangan, dalam hal ini adalah karangan narasi. Mereka bingung tentang hal yang harus ditulis pertama dalam menyusun karangan narasi, mereka juga kesulitan mengembangkan ide karangan sehingga informasi-informasi yang ditulis tidak mengandung banyak perbedaan pada setiap paragrafnya. Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang memudahkan mahasiswa dalam menyusun karangan narasi yaitu metode qqoqccpp dengan menggunakan teks dialog sebagai langkah awal penerapan metode ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode qqoqccp dalam meningkatkan ketrampilan menulis mengubah dialog menjadi karangan narasi pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis BSA FBS UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttestonly Control Desain. Di dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan, pada pertemuan pertama, perlakuan yang diberikan berupa penjelasan tentang karangan narasi, skema narasi, dialog, metode qqoqccp dan cara mengubah dialog menjadi karangan narasi. Selanjutnya, untuk latihan peneliti meminta mengubah dialog dengan tema rétrouvailles menjadi karangan narasi dengan metode qqoqccp, kemudian pada pertemuan kedua dengan tema une journée dans entreprise dan pada pertemuan ketiga, dengan tema un accident, sedangkan pada kelompok kontrol, mereka juga diberi latihan mengubah dialog menjadi karangan narasi, akan tetapi tidak menggunakan metode qqoqccp dan pada akhir penelitian mereka juga diminta mengubah dialog dengan tema un accident menjadi karangan narasi. Karangan ini akan diambil sebagai tes. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data hasil test mahasiswa dalam mengubah dialog menjadi karangan narasi dengan menggunakan metode qqoqccp. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis semeter III BSA FBS UNNES. Berdasarkan Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode qqoqccp efektif dalam meningkatkan ketrampilan menulis mahasiswa semester III Pendidikan Bahasa Prancis BSA FBS UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menulis, dialog, metode qqoqccp
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 07:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item