KEEFEKTIFAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL


Atik Nurhidayah , 1401411117 (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411117-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk membina siswa menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara. Untuk mewujudkan tujuan dari pembelajaran IPS, diperlikanstrategi yang dapat mengaktifkan siswa. Strategi card sort merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif dimana guru melakukan sortir kartu berupa kartu-karu yang berkategori. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi card sort terhadap hasil belajar Materi Kegiatan pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 2 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Pekauman 2 dan 5 Kota Tegal tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 26 di kelas eksperimen dan 28 di kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik proportionate stratified random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 dari populasi 54 siswa. Berdasarkan 26 siswa di kelas eksperimen, diperoleh sampel sebanyak 23. Sementara untuk kelas kontrol, dari 28 siswa, diperoleh sampel sebanyak 25. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan independent samples t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, kedua data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga penghitungan hipotesis mengunakan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian untuk hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan uji Independent Samples T-Test, nilai thitung = 5,029 lebih besar dari ttabel = 1,679 dan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar IPS materi Kegiatan Jual Beli pada siswa kelas III yang menggunakan strategi card sort dan konvensional. Hasil pengujian keefektifan strategi dengan menggunakan one sample t test, diperoleh data thitung = 5,441 dan signifikansinya 0,000 serta harga ttabel = 2,0739. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,441 > 2,0739) dan signifikannya 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan kata lain, strategi card sort efektif secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Berdasarka hasil penelitian, disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan strategi card sort dalam proses pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran aktif, dan strategi card sort.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:36
Last Modified: 12 Nov 2015 21:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item View Item