PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA VOLI “VOLI PERSEGI EMPAT” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS VIII SMP N 6 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Edhi Nugroho, 6101411052 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA VOLI “VOLI PERSEGI EMPAT” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS VIII SMP N 6 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411052-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran bola voli yang diberikan guru sudah baik dan variatif, namun berkaitan dengan era globalisasi yang sedang terjadi model pembelajaran dituntut lebih bervariatif agar siswa mendapat banyak pilihan untuk meningkatkan minat dan konsentrasi terhadap kegiatan pembelajaran penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran bola voli melalui permainan voli persegi empat bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran bola voli melalui permainan voli persegi empat yang efektif bagi siswa SMP kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg and Gall, jika diterapkan dalam permainan ini yakni: (1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan, didapat dari hasil mengumpulkan informasi, termasuk observasi lapangan, wawancara, angket prapenelitian, dan kajian pustaka, (2) mengembangkan model pembelajaran bola voli berupa permainan voli persegi empat, (3) evaluasi dari ahli bola voli dan ahli penjasorkes, serta uji coba skala kecil, kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan skala besar, (6) revisi produk akhir yang akan dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir berupa permainan voli persegi empat yang telah diuji cobakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Pekalongan. Dari data yang dikumpulkan, diketahui melalui uji ahli (penjas dan pembelajaran) yang dilakukan sebanyak 2x, diperoleh hasil I dengan persentase sebesar 78,31% (sangat baik) dan hasil II dengan rata-rata 84,16% (sangat baik). Dari uji coba skala kecil (N=12), diperoleh hasil dengan rata-rata persentase 73,22% (baik) dan uji lapangan skala besar (N=36) diperoleh hasil dengan persentase 82,76% (sangat baik). Berdasarkan hasil data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan hasil pengembangan model pembelajaran bola voli melalui permainan voli persegi empat dinilai layak diterapkan diberikan kepada siswa kelas VIII SMP karena siswa mampu mempraktikan dengan baik bersemangat dan aktif. Saran bagi guru penjasorkes untuk menjadikan permainan voli persegi empat sabagai referensi tambahan model pembelajaran baru, selain itu diharapkan guru memberi penjelasan pada siswa mengenai peraturan dan cara bermain agar permainan tetap aman dan jauh dari resiko cidera.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bola voli, Permainan Voli persegi empa
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:27
Last Modified: 12 Nov 2015 21:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21708

Actions (login required)

View Item View Item