PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI MELALUI MODEL TERPADU NUMBERED HEAD TOGETHER DAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IIIA SDN WONOSARI 03 SEMARANG


SANTI LESTARI, 1401411114 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI MELALUI MODEL TERPADU NUMBERED HEAD TOGETHER DAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IIIA SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411114-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi guru (peneliti) dan kolaborator terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IIIA SDN Wonosari 03 Semarang menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS relatif rendah. Ditunjukkan dengan keterampilan dasar mengajar guru dan aktivitas siswa belum optimal. Hasil belajar siswa menunjukkan 25 dari 39 siswa (64,1%) belum tuntas dan 14 siswa (35,9%) sudah tuntas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model terpadu Numbered Head Together dan Scramble dengan media Powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS tema Kegiatan Seharihari pada siswa kelas IIIA SDN Wonosari 03 Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS tema Kegiatan Sehari-hari melalui model terpadu Numbered Head Together dan Scramble dengan media Powerpoint pada siswa kelas IIIA SDN Wonosari 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IIIA SDN Wonosari 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 31 kriteria baik, siklus II memperoleh skor 38 kriteria sangat baik, dan siklus III memperoleh skor 42 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 23,3 kriteria baik, meningkat menjadi 26,2 kriteria baik pada siklus II, dan meningkat pada siklus III dengan skor 29,6 kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 65,8%, siklus II meningkat menjadi 78,9%, dan siklus III meningkat menjadi 86,5%. Simpulan penelitian ini melalui model terpadu Numbered Head Together dan Scramble dengan media Powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS tema Kegiatan Sehari-hari di kelas IIIA SDN Wonosari 03 Semarang. Saran yang diberikan adalah hendaknya para guru menggunakan model terpadu Numbered Head Together dan Scramble dengan media Powerpoint dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Numbered Head Together, Powerpoint Scramble.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:25
Last Modified: 12 Nov 2015 21:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21707

Actions (login required)

View Item View Item