PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS 3 SDN BUMIJAWA 01 KABUPATEN TEGAL


Mazidatul Atiyah, 1401411573 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS 3 SDN BUMIJAWA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411573-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPA materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas 3 SDN Bumijawa 01 tahun ajaran 2013/2014 belum memenuhi KKM. Berdasarkan hasil ulangan harian, diketahui bahwa 19 peserta didik dari 26 peserta didik atau sekitar 73 % yang sudah memenuhi KKM. Sedangkan 7 siswa atau sekitar 28% lainnya belum memenuhi KKM. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran konvensional membuat siswa kurang berpartisipasi memperoleh pengetahuan. Pembelajaran hanya berlangsung satu arah. Terutama pada penggunaan metode ceramah siswa cenderung cepat bosan. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang inovatif serta sesuai karakteristik siswa SD yang adapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Model course review horay merupakan salah satu struktur model pembelajaran kooperatif yang cocok diterapkan berdasarkan masalah pada kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas 3 SDN Bumijawa 01 materi kenampakan permukaan bumi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif course review horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan beberapa pihak yaitu, guru kelas sebagai pelaksana perbaikan, teman sejawat guru sebagai observer pembelajaran, mahasiswa sebagai peneliti, serta dosen sebagai pembimbing mahasiswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus berisi dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65,20%, selanjutnya meningkat menjadi 71,68% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,64 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,55% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar 77,95 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,18%. Peningkatan juga terjadi performansi guru, rata-rata nilai akhir APKG (Alat Penilaian Kemampuan Guru) I dan II pada siklus I adalah 77,70 dengan kriteria B meningkat pada siklus II menjadi 82,01 dengan kriteria AB. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model course review horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Bumijawa 01 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, course review horay
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:27
Last Modified: 12 Nov 2015 21:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21705

Actions (login required)

View Item View Item