PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) BERBANTUAN GAMBAR SERI SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 01


INDAH DWI RIZKYANA, 1401411111 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) BERBANTUAN GAMBAR SERI SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411111-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Latar belakang masalah sebagian besar siswa sudah dapat membaca, namun belum dapat mengasah kemampuan mereka lebih tinggi lagi. Rumusan masalah adalah bagaimana proses pembelajaran membaca intensif dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan membaca intensif? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa, dan keterampilan membaca intensif siswa melalui strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri Penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini terdiri atas tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi, dan refleksi pada tiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Karanganyar 01. Variabel penelitian adalah aktivitas siswa dan keterampilan membaca intensif siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) proses pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 14 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 17 dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus III dengan skor 22 dengan kriteria sangat baik; b) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 16,88 dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan dengan mendapat skor 20,32 berkriteria baik, siklus III meningkat menjadi 25,01 dengan kriteria sangat baik; c) keterampilan membaca intensif siswa dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 48,72%, meningkat pada siklus II menjadi 69,23% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 82,05%. Simpulan penelitian ini adalah melalui strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan keterampilan membaca intensif siswa kelas III SDN Karanganyar 01. Saran dari penelitian ini hendaknya guru menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri karena dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan membaca intensif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca intensif, Directed Reading Thinking Activity, SD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:21
Last Modified: 12 Nov 2015 21:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item