MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BOLABASKET MELALUI PERMAINAN LUMBA JARING BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2015


Mita Ayu Septiani, 6101411057 (2015) MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BOLABASKET MELALUI PERMAINAN LUMBA JARING BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411057-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama, khususnya pada materi Bolabasket belum dikelola dengan tepat, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa, baik dari segi psikomotor, afektif dan kognitif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana model pengembangan pembelajaran Bolabasket melalui permainan Lumba Jaring bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten tegal Tahun 2015?. Tujuannya untuk menghasilkan model pembelajaran bolabasket dengan permainan lumba jaring pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun 2015 dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Metode Penelitian ini adalah penelitian pengembangan prosedural, dengan langkah-langkah yang disesuaikan dilapangan yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas atau ahli pembelajaran Bolabasket dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli pembelajaran dan uji coba kelompok kecil (10 siswa), (5) uji lapangan (36 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran olahraga melalui permainan Lumba Jaring yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 90,53% (baik), ahli pembelajaran I 90% (baik), ahli pembelajaran II 88% (baik), uji coba kelompok kecil 84,95% (baik), dan uji lapangan 89,35% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan model pembelajaran bolabasket melalui permainan Lumba Jaring ini dapat digunakan bagi siswa SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian diatas, permainan Lumba Jaring dapat digunakan dalam proses pembelajaran olahraga. Diharapkan bagi guru penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk dapat menggunakan produk pembelajaran ini di sekolah, sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran permainan bolabasket yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Bolabasket, Permainan lumba Jaring.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:19
Last Modified: 12 Nov 2015 21:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item