PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V A SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG


Ariani, 1401411096 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V A SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan perkembangan dan organisasi masyarakat manusia dan manusia sebagai anggora dari kelompok sosial. Tujuan dari mata pelajaran IPS ya i t u untuk membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupanya sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada giliranya akan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Berdasarkan refleksi guru, adanya permasalahan yang dihadapi baik dari faktor guru maupun siswa. Dari faktor guru, guru kurang tepat menggunakan model, belum maksimal menggunakan media dan kurang mengenalkan materi kongkrit. Dari faktor siswa, siswa berbicara sendiri dengan siswa lain, hanya mendengarkan tanpa disertai praktik nyata dan kurang tertarik pada mata pelajaran IPS. Permasalahan yang diperoleh, didapatkanya data awal yaitu siswa (63,15%) dari 38 siswa belum mencapai KKM dan siswa yang tuntas KKM sebanyak 36,85% atau 14 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model Course Review Horay berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada IPS kelas VA SDN Karangayu 02 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V A SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 3 siklus, masing-masing siklus satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa siswa kelas V A SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru memperoleh skor 18,27, 35. (2) Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I, II, dan III adalah 19.36, 30, dan 33,08. (3) Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 61,8%, pada siklus II meningkat menjadi 77,8%, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,6%. Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus I, II, dan III adalah 16,3; 20,4; 21,03. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Course Review Horay berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu model Course Review Horay berbantuan media Audio Visual dapat dijadikan acuan guru sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran yang lain di SDN Karangayu 02 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS; Course Review Horay; Audio Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:16
Last Modified: 12 Nov 2015 21:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item