KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI UANG TEMA PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEPEDAN PURBALINGGA


Aulia Fuadah, 1401411570 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI UANG TEMA PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEPEDAN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411570-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat memberikan pengetahuan luas kepada siswa mengenai masyarakat lokal dan global. Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan siswa dalam proses penyampaian ilmu pengetahuan serta komponen pendukung lainnya dalam lingkungan belajar. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan menyenangkan yaitu model Word Square. Model Word Square memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dalam kelompok yang mempunyai kemampuan heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan model Word Square dengan menggunakan model konvensional, serta menguji keefektifan model Word Square dalam pembelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III A dan B SD Negeri 1 Pepedan Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 di kelas eksperimen dan 14 di kelas kontrol. Sampel diambil dari jumlah seluruh populasi. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan independent samples t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20 Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh data t hitung = 3,305 dengan signifikansi = 0,003 dan t tabel = 2,052. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > ttabel (3,305>2,052) dan signifikansinya 0,003<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan model Word Square dengan menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil pengujian keefektifan model dengan menggunakan one sample t test, diperoleh data t hitung = 5,638 dan signifikansinya 0,000 serta harga t tabel = 2,145. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung > ttabel dan signifikannya 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Word Square efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Agar pembelajaran menggunakan model Word Square dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah dibuat, guru dan siswa harus mempersiapkan diri secara baik, salah satunya yaitu dengan cara mempelajari materi terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Word Square, dan Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:20
Last Modified: 12 Nov 2015 21:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21699

Actions (login required)

View Item View Item