ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA PELENGKAP ARAH (趋向补语)来 dan 去 PADA MAHASISWA SEMESTER IV DAN VI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Viky Nur Fauziah, 2404411009 (2015) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA PELENGKAP ARAH (趋向补语)来 dan 去 PADA MAHASISWA SEMESTER IV DAN VI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2404411009-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Mandarin kaya akan tata bahasa. Setiap satu tata bahasa dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk menunjukan ekspresi. Peneliti meneliti penggunaan tata bahasa kata pelengkap arah. Kata pelengkap arah secara umum diklasifikasikan menjadi tiga: Klasifikasi yang pertama : 来,去 Klasifikasi yang kedua :上,下,进,出,回,过,起,开。 Klasifikasi yang ketiga : 上来,上去,下来,下去,进来,进去,出来, 出去,回来,回去,过来,过去. Kata pelengkap arah sangat kompleks. Penggunaan kata pelengkap arah tersebut dirasa sangat sulit. Oleh karena itu, pembelajar bahasa asing mudah sering mengalami kesalahan. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian kata pelengkap arah tersebut. Tujuan peneliti adalah menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar bahasa asing dalam menggunakan kata pelengkap arah dan cara yang tepat untuk mengatasi kesalahan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV dan VI Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode tes. Bentuk penelitiannya adalah analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa mayoritas mahasiswa semester IV dan VI melakukan kesalahan dalam menggunakan kata pelengkap arah. Penyebab kesalahan tersebut karena interferensi bahasa pertama yang dikuasainya, kurang memahami tata bahasa tersebut dan pemahaman kosakata yang sangat sedikit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis,kesalahan, kata pelengkap arah (趋向补语) 来 dan 去
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:12
Last Modified: 12 Nov 2015 21:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21698

Actions (login required)

View Item View Item