PENGEMBANGAN SIKAP SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING PERORANGAN MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009


Mita Ristya Pratiwi , 1301404055 (2009) PENGEMBANGAN SIKAP SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING PERORANGAN MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SIKAP SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING PERORANGAN MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SIKAP SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING PERORANGAN MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (596kB) | Preview

Abstract

Siswa memiliki sikap cukup positif terhadap layanan konseling perorangan dimunculkan dengan perilaku enggan untuk memanfaatkan layanan konseling perorangan. Fenomena ini terjadi pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan layanan informasi dalam mengembangkan sikap siswa terhadap layanan konseling perorangan pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Manfaat penelitian ini adalah untuk memperkaya kajian tentang pengembangan sikap siswa terhadap layanan kosneling perorangan melalui layanan informasi.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009, yang berjumlah 114 siswa. Teknik sampel menggunakan purposive sampling diperoleh 36 siswa kelas XI IS 1 sehingga kelas XI IS 1 ditetapkan sebagai subyek penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala psikologi berupa skala sikap yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% (rtabel = 0,304) dan jumlah responden 42 siswa. Item dikatakan valid jika rhitung > rtabel. Penghitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha menunjukkan angka 0,945, oleh karena itu instrumen dinilai reliabel. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik non parametrik berupa uji Wilcoxon. Perkembangan sikap siswa terhadap layanan konseling perorangan tampak dari hasil penelitian menunjukan bahwa sikap siswa kelas XI IS 1 SMA Negeri 4 Semarang terhadap layanan konseling perorangan sebelum memperoleh layanan informasi pada kriteria cukup positif dengan rata-rata 64,12% dan setelah mendapat layanan informasi rata-ratanya naik menjadi 69,88% termasuk dalam kriteria positif. Hasil uji Z, menunjukan bahwa nilai Zhitung = -3,708 dengan Ztabel = 1,96, jadi nilai Zhitung > Ztabel. Hasil tersebut menunjukan bahwa layanan informasi dapat mengembangkan sikap siswa terhadap layanan konseling perorangan pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Merujuk dari hasil penelitian tersebut, guru pembimbing dalam memberikan layanan informasi melalui ceramah dan diskusi hendaknya dilakukan dengan menggunakan variasi guna mendukung pemberian materi layanan, sehingga mampu mengurangi tingkat kejenuhan siswa dan menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti pemberian layanan informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Layanan Konseling Perorangan dan Layanan Informasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 07:41
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item