PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER TIPE KONVENSIONAL BERBASIS BUKU DIGITAL ELECTRONIC PUBLICATION (EPUB)


Mohammad Aji, 5201409004 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER TIPE KONVENSIONAL BERBASIS BUKU DIGITAL ELECTRONIC PUBLICATION (EPUB). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201409004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan media pembelajaran buku digital Memahami dan Memelihara Sistem Starter Tipe Konvensional berbasis electronic publication (epub) dan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku digital yang dibuat pada mata pelajaran perbaikan kelistrikan otomotif kompetensi memahami dan memelihara sistem starter. Metode yang digunakan adalah research and development dengan desain penelitian pretestposttest one group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Sepuluh Nopember Semarang dengan sampel siswa yang mengikuti mata pelajaran perbaikan kelistrikan otomotif kelas XII TKR A dan XII TKR B yang berjumlah 33 siswa. Hasil analisis data mendapatkan bahwa buku digital berbasis electronic publication (epub) valid untuk digunakan pada pembelajaran mata pelajaran perbaikan kelistrikan otomotif kompetensi memahami dan memelihara sistem starter. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi dan media yang menunjukkan rata-rata persentase sebesar 89,70% dan 86,80% yang berada pada kriteria sangat baik. Media yang dibuat diuji cobakan pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kompetensi siswa setelah menggunakan buku digital Memahami Dan Memelihara Sistem Starter Tipe Konvensional. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan buku digital sebesar 68,84 yang meningkat menjadi menjadi 79,03 dan peningkatan distribusi persentase ketuntasan sebelum dan sesudah menerapkan pembelajaran dengan buku digital, yaitu sebesar 63,72%. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami dan memelihara sistem starter pada mata pelajaran perbaikan kelistrikan otomotif setelah menggunakan media pembelajaran buku digital berbasis electronic publication (epub).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, buku digital, electronic publication (epub), sistem starter.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 19:00
Last Modified: 12 Nov 2015 19:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21688

Actions (login required)

View Item View Item