PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS VC SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG


ERIA NOVA CHOIRUN NISA’, 1401411271 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS VC SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411271-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pembelajaran IPA pada siswa kelas VC SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang yaitu sebagian besar siswa tidak mau ikut terlibat dalam kegiatan pembelajaran meskipun guru sudah memvariasikan model pembelajaran. Siswa juga bersikap individualistis karena merasa nilai yang didapat selama proses pembelajaran adalah hasil usahanya sendiri sehingga kerjasama dengan kelompok tidak terjalin dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari 38 siswa hanya 13 siswa (34,2%) yang mendapatkan nilai di atas KKM sedangkan 25 siswa (65,79%) belum mencapai KKM dengan rata-rata kelas 66,05. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media Visual pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas VC SDN Ngaliyan 01? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Visual siswa kelas VC SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus satu pembelajaran. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas VC SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang dan guru. Terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I mendapat skor 19,63 dengan kriteria cukup, pada siklus II dan III mendapat skor 21,80 dan 23,42 dengan kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus I dan II mendapatkan skor 19 dan 26 dengan kriteria baik, sedangkan siklus III mendapat skor 30 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I mengalami ketuntasan belajar klasikal yaitu 60,52%, pada siklus II meningkat menjadi 73,68%, dan pada siklus III menjadi 81,57% dengan KKM 65. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VC SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang. Saran peneliti sebaiknya guru memberi arahan kepada siswa untuk mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: kualitas pembelajaran IPA, STAD, Visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, STAD, Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:53
Last Modified: 12 Nov 2015 21:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21685

Actions (login required)

View Item View Item