TINGKAT KETELADANAN KEPALA DESA TERKAIT KINERJANYA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PEMBANGUNAN DESA (STUDI DI DESA TELUK WETAN KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA)


Ibnu Jalal , 8111410180 (2015) TINGKAT KETELADANAN KEPALA DESA TERKAIT KINERJANYA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PEMBANGUNAN DESA (STUDI DI DESA TELUK WETAN KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 8111410180-st.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan atau kegagalan program pembangunan desa sangat ditentukan oleh tingkat keteladanan Kepala Desa terkait kinerjanya, sejauh mana Kepala Desa dalam merencanakan, menggerakan, memotivasi, mengarahkan, komunikasi, pengorganisasian, pelaksanaan, dalam kaitannya dalam manajemen berarti menjalankan kepemimpinan fungsi manajemen atau sebagai manajer dalam menjalankan fungsi manajemen. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Bagaimana tingkat keteladanan Kepala Desa di Desa Teluk Wetan terkait jiwa kepemimpinannya? Bagaimana sosialisasi program pembangunan desa terhadap masyarakat di Desa Teluk Wetan Kecamtan Welahan Kabupaten Jepara? Apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran masyarakat terhadap pembangunan desa di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara?. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yaitu dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dimana dalam metode ini data diperoleh dari data primer yaitu data diperoleh langsung dari wawancara dengan Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara dan data sekunder yang diperoleh dari peraturan terkait. Hasil dan pembahasan ini adalah, (1) tingkat keteladanan Kepala Desa terkait jiwa kepemimpinannya yang diukur dari analisis dan uraian pekerjaan, hasil pekerjaan dan perilaku atau tindakan dalam mencapai hasil adalah cukup baik. Namun ada satu ukuran yang tidak baik yaitu mengenai sifat atau karakter pribadi, (2) sosialisasi program pembangunan desa sudah berjalan cukup baik meski masih ada yang belum tahu, (3) usia produktif, pendidikan yang tinggi, jumlah tanggungan yang sedikit, jumlah pendapatan yang banyak, jumlah kosmopolitan yang banyak, pengukuran kinerja Pemerintah Desa membentuk kesadaran masyarakat terhadap pembangunan desa. Kesimpulan dan saran ini yaitu, (1) sifat atau karakter Kepala Desa kurang baik, sebagai seorang pemimpin Kepala Desa harus memperbaiki sifat atau pribadinya terkait tingkat kehadirannya di Balai Desa, (2) sosialisasi program pembangunan desa cukup baik, masyarakat desa juga harus membantu dalam proses sosialisasi, (3) faktor karakteristik sosial ekonomi masyarakat desa membentuk kesadaran pada pembangunan desa, ketika masyarakat memberi pandangan pada kinerja kinerja Kepala Desa seharusnya dihargai dan diberi apresiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan, Kinerja, Program Pembangunan Desa
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 19:02
Last Modified: 12 Nov 2015 19:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21684

Actions (login required)

View Item View Item