PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TEKNIK OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN TRANSMISI OTOMATIS MOBIL


Nur Man Sani , 5201409079 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TEKNIK OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN TRANSMISI OTOMATIS MOBIL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201409079-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar dengan indikasi peningkatan nilai pada siswa kelas XII TMO 1 SMK Muhammadiyah 1 Muntilan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran transmisi otomatis. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I kurang optimal. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setelah akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,2 dan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 34,38% pada siklus ini terdapat 11 siswa yang tuntas belajar dan 21 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II, guru melaksanakan semua rencana pembelajaran yang disusun pada tahap refleksi siklus I. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II terjadi perubahan-perubahan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu hasil nilai tes dan hasil nilai tugas makalah dan membuat power point. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setelah akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,8 dan ketuntasan belajar sebesar 90,63% pada siklus ini terdapat 29 siswa yang tuntas belajar dan 3 siswa yang belum tuntas belajar. Peningkatan nilai rata-rata kelas siklus I dan siklus II sebesar 13,6. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 34,38% pada siklus I menjadi sebesar 90,63% pada siklus II, dengan peningkatan prosentase sebesar 56,25%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XII Teknik Mekanik Otomotif 1 (TMO1) pada mata pelajaran Pemeliharaan Sistem Transmisi Otomatis (PSTO), di SMK Muhammadiyah 1 Muntilan, Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Project Based Learning, Transmisi Otomatis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:51
Last Modified: 12 Nov 2015 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item View Item