UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPSSEJARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (Means-Ends Analysis) TIME TOKEN MODEL PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008 / 2009


SUGIARTI , 3101403026 (2009) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPSSEJARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (Means-Ends Analysis) TIME TOKEN MODEL PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008 / 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPSSEJARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (Means-Ends Analysis) TIME TOKEN MODEL PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008 / 2009]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPSSEJARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (Means-Ends Analysis) TIME TOKEN MODEL PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2008 / 2009) - Published Version
Download (588kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah yang selalu monoton dalam penyampaiannya membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Maos Kabupaten Cilacap, guru terlihat belum melibatkan peran aktif siswa secara maksimal. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang pasif sehingga prestasi belajar siswa cenderung rendah. Model pembelajaran MEA time token digunakan supaya siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga prestasi belajar meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) Time Token pada pembelajaran IPS Sejarah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Maos Kabupaten Cilacap Tahun 2008/2009? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Maos Kabupaten Cilacap melalui model MEA (Means-Ends Analysis) Time Token Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Maos Kabupaten Cilacap Tahun 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa Siswa dikatakan tuntas belajar jika mendapat nilai minimal al ≥ 6,5 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 65% dari jumlah siswa yang ada dalam satu kelas serta nilai rata-rata kelas ≥ 6,5 . Keaktifan siswa dalam pembelajaran lebih aktif baik dalam mengumpulkan tugas, bertanya, menjawab pertanyaan, menganalisis permasalahan, mengemukakan pendapat, bekerjasama, kesiapan belajar yang matang serta ketrampilan komunikasi sosial yang baik Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,62, siswa yang tuntas belajar 26 siswa (65%), dan yang tidak tuntas belajar 14 siswa (35%). Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 73,12, siswa yang tuntas belajar 36 siswa (90%), dan yang tidak tuntas belajar 4 siswa (10%).Pada siklus II diketahui pencapaian ketuntasan belajar klasikal yaitu 90% dari jumlah siswa dalam satu kelas dan nilai rata-rata kelas mencapai 73,12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran MEA Time Token dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Maos Kabupaten Cilacap Tahun 2008/2009. Saran yang diajukan yaitu guru Sejarah lebih kreatif dan dapat menggunakan model MEA Time Token untuk meningkatkan prestasi belajar serta pemberian reward berupa bonus nilai bagi siswa yang aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Model Pembelajaran, Means Ends Analysis Time Token
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 07:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item