PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PMRI VARIASI TARI BAMBU BERBANTUAN KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG

HANIFAH LUTHFI MAULIA FIRDA, 1401411269 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PMRI VARIASI TARI BAMBU BERBANTUAN KOMIK PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi dan refleksi peneliti di kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Semarang menunjukkan bahwa guru belum mengawali pembelajaran dengan permasalahan realistik, pembelajaran juga belum mengaitkan dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari siswa, guru juga belum menggunakan media sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa kesulitan dalam memahami materi, selain itu komunikasi dan interaksi antar siswa juga sangat terbatas. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan perbaikan dengan menggunakan pendekatan PMRI variasi Tari Bambu berbantuan Komik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran geometri pada siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Semarang?”. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: Skor keterampilan guru setiap siklus berturut-turut 23,5 (baik); 29,5 (baik); 37 (sangat baik). Skor aktivitas siswa setiap siklus berturut-turut 18,8 (cukup); 20,85 (baik); 25,1 (baik). Skor kualitas iklim pembelajaran setiap siklus berturut-turut 4,5 (cukup); 5,5 (baik); 7 (sangat baik). Skor kualitas materi pembelajaran setiap siklus berturut-turut 5,5 (baik); 7 (sangat baik); 8 (sangat baik). Skor kualitas media pembelajaran setiap siklus berturut- turut 13,5 (sangat baik); 15,5 (sangat baik); 16 (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklus berturut-turut 55,26 %; 69,23%; 89,47%. Skor karakter siswa setiap siklus berturut-turut 5,65 (cukup); 6,28 (baik); 6,88 (baik). Simpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan PMRI variasi Tari Bambu berbantuan Komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran geometri pada siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02. Saran bagi guru yaitu perlu merencanakan pembelajaran dengan mantap dan menerapkan konsep belajar tuntas. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan gabungan model PMRI dengan model pembelajaran lain atau dengan teori pembelajaran matematika.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Komik, Kualitas, Pembelajaran, PMRI
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 13:49
    Last Modified: 12 Nov 2015 13:49

    Actions (login required)

    View Item