PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG


EKA PRAHARA TIYAS PUTRI, 1401411264 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411264-s.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk menjadi warga negara Indonesia demokratis,bertanggungjawab, serta warga dunia yang cinta damai. Hasil refleksi diri peneliti pada saat melaksanakan pembelajaran terdapat permasalahan IPS diantaranya siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta belum terlatih berkomunikasi secara sistematis. Selain itu, guru belum memotivasi siswa untuk berani mengutarakan pendapatnya dan belum menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materi. Kualitas pembelajaran yang belum optimal di kelas IV SDN Pakintelan 03 Kota Semarang juga berdampak pada hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan ketuntasan klasikal hanya mencapai 36%. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Group Investigation berbantuan media Audio Visual di Kelas IV SDN Pakintelan 03 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Group investigation berbantuan media Audio Visual di kelas IV SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 sejumlah 25. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan, dianalis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 20 kategori cukup, siklus II 24 kategori baik, dan siklus III 26 kategori baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 20,48 kategori baik, siklus II 22,28 kategori baik, dan siklus III 24,52 kategori baik, sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 64%, siklus II 76%, dan siklus III 88%. Simpulan penelitian ini dengan menerapkan model Group Investigation berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Saran bagi guru seyogyanya memilih model inovatif serta media yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual;Group Investigation;IPS;Kualitas;Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:34
Last Modified: 12 Nov 2015 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21672

Actions (login required)

View Item View Item