PENERAPAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG


INAYATUL MAULA, 1401411256 (2015) PENERAPAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411256-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS adalah suatu kajian yang mempelajari tentang telaah manusia dengan kehidupannya. Masalah dalam penelitian adalah kualitas pembelajaran IPS di SDN Wonosari 02 Kota Semarang yang belum optimal dalam mengelola kelas sehingga aktivitas siswa kurang terkelola dengan baik. Hal ini berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil refleksi menunjukkan bahwa guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dan memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa lain sehingga kemandirian dan tanggungjawab siswa belum terlihat dalam menyelesaikan persoalan. Selain itu, guru belum menggunakan media yang inovatif sehingga siswa belum memperoleh pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pair check berbantuan media flashcard untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 02 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model pair check berbantuan media flashcard pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru praktikan dan 38 siswa SDN Wonosari 02 Kota Semarang dengan variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, non tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 34 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 41 kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,1 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 23,1 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 27,3 kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 63,15% kategori cukup, siklus II sebesar 73,61% kategori baik, siklus III sebesar 84,97% kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pair check berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru dalam menggunakan model pair check hendaknya memberi arahan kepada siswa untuk bekerjasama dan melaksanakan tugas sesuai perannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flashcard; ips; kualitas; pair check; pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:30
Last Modified: 12 Nov 2015 18:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21670

Actions (login required)

View Item View Item