PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIH MTs NEGERI 1 SEMARANG DALAM MENGAPRESIASI DONGENG YANG DIPERDENGARKAN MELALUI TEKNIK ISI TABEL KESAN DONGENG


M. Ulinnuha , 2101404055 (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIH MTs NEGERI 1 SEMARANG DALAM MENGAPRESIASI DONGENG YANG DIPERDENGARKAN MELALUI TEKNIK ISI TABEL KESAN DONGENG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIH MTs NEGERI 1 SEMARANG DALAM MENGAPRESIASI DONGENG YANG DIPERDENGARKAN MELALUI TEKNIK ISI TABEL KESAN DONGENG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIH MTs NEGERI 1 SEMARANG DALAM MENGAPRESIASI DONGENG YANG DIPERDENGARKAN MELALUI TEKNIK ISI TABEL KESAN DONGENG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang masih rendah dan perilaku belajar siswa menunjukkan hal yang negatif. Hal ini disebabkan oleh penggunaan teknik pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, melalui teknik isi tabel kesan dongeng diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan dan meningkatkan perilaku belajar siswa ke arah positif. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang setelah mengikuti pembelajaran mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan melalui teknik isi tabel kesan dongeng dan (2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang saat pembelajaran mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan melalui teknik isi tabel kesan dongeng. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang saat mengikuti pembelajaran mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan melalui teknik isi tabel kesan dongeng dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang saat mengikuti pembelajaran mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan melalui teknik isi tabel kesan dongeng. Manfaat praktis penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif teknik pembelajaran dan manfaat teoretis penelitian ini dapat dijadikan pijakan penelitian lanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan dan penggunaan teknik isi tabel kesan dongeng. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes tertulis, sedangkan instrumen nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. iii Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan siswa kelas VIIH MTs Negeri 1 Semarang setelah dilakukan pembelajaran melalui teknik isi tabel kesan dongeng. Nilai rata-rata pada observasi awal sebesar 56,6 menjadi 62,05 pada siklus I atau meningkat 5,45%. Kemudian pada tindakan siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 16,55% dari siklus I menjadi 78,6. Selain itu, terjadi perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif setelah digunakan teknik isi tabel kesan dongeng dalam pembelajaran mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, peneliti menyarankan agar guru menggunakan teknik isi tabel kesan dongeng dalam pembelajaran mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan, teknik isi tabel kesan dongeng
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 07:26
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item