PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV-A SDN TAWANGMAS 01 SEMARANG


FITRIA SRI SADONO, 1401411252 (2015) PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV-A SDN TAWANGMAS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411252-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi awal di kelas IV-A SDN Tawangmas 01 Semarang, ditemukan permasalahan tentang pembelajaran menulis narasi. Perma- salahan tersebut disebabkan karena guru belum optimal dalam memberikan pem- belajaran yang dapat meningkatkan perbendaharaan kata siswa, akibatnya siswa kurang terampil dalam memilih kata dikarenakan perbendaharaan kata siswa yang terbatas. Guru juga belum optimal dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi, sehingga aktivitas siswa dalam berdiskusi masih rendah. Perma- salahan ini didukung oleh hasil ketuntasan belajar klasikal siswa bahwa, 64% sis- wa belum terampil menulis narasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran keterampilan menulis narasi melalui model Concept Sen- tence dengan Media kartu Kata pada siswa kelas IV-A SDN Tawangmas 01 Semarang? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan peren- canaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam ti- ga siklus, masing-masing siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A SDN Tawangmas 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.Teknik analisis data meng- gunakan analisis deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, keterampilan guru mencapai kate- gori sangatbaik dan dinyatakan tuntas. Siklus I keterampilan guru mencapai skor 25, meningkat pada siklus II menjadi 31, dan meningkat lagi menjadi 37 pada siklus III. Aktivitas siswa juga dapat mencapai kategori baik dandinyatakan tuntas. Ketuntasan belajar klasikal siswa dalam menulis narasi siklus I62%, meningkat pada siklus IImenjadi 72%, dan pada siklus III mencapai 87%. Simpulan penelitian ini adalah model concept sentence dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keteram- pilanmenulis narasi siswa kelas IV-A SDN Tawangmas 01Semarang. Saran untuk perbaikan pembelajaran, guru perlu meningkatkan kemampuan mengelola kelas dan pemberian variasi penguatan untuk mengembangkan keberanian siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, maupun menyampaikan pendapat. Saran bagi siswa agar rajin berlatih menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: concept sentence; kartu kata; keterampilan menulis; narasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:21
Last Modified: 12 Nov 2015 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21668

Actions (login required)

View Item View Item