PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG


FERI ADI SETYAWAN, 1401411248 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411248-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk melihat kenyataan sosial yang dihadapi oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.Hasil refleksi peneliti, menemukan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar masih belum optimal, karena guru masih dominan menggunakan metode ceramah.Pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher center), guru belum memaksimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran.Siswa hanya menerima informasi tanpa ada kesempatan untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat.Hasil belajar siswa masih rendah terbukti dengan dengan pencapaian nilai terendah adalah 55 dan nilai tertinggi 85, dengan rata-rata kelas 64.Siswa yang tuntas KKM sebanyak 30% dan siswa tidak tuntas sebanyak 70%.Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV tersebut dengan menerapkan model think pair share dengan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model think pair sharedengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Ngijo 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Ngijo 01 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan.Setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Variable dalam penelitian ini meliputi, keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Ngijo 01 KotaSemarang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 22,1 kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 28,25 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 31,05 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 40%, meningkat pada siklus II menjadi 55%, dan meningkat pada siklus III menjadi 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model think pair share dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model think pair share dengan media audio visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Think Pair Share),Audio Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:14
Last Modified: 12 Nov 2015 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21664

Actions (login required)

View Item View Item