PENGARUH PENYAMPAIAN SUCCESS STORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 UNNES


Siswo Yulianto, 5201410059 (2015) PENGARUH PENYAMPAIAN SUCCESS STORY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201410059-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penyampaian success story terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penyampaian success story terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Penyampaian success story diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih memahami tentang kewirausahaan dan mereka termotivasi untuk menjadi seorang wirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental design dengan pendekatan pre test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin S1 UNNES yang mengikuti mata kuliah Manajemen Industri dan Kewirausahaan, yang terbagi kedalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji beda atau uji-t dan uji gain. Dari hasil analisis menunjukkan ada pengaruh penyampaian success story terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata kemampuan minat berwirausaha pada kelas eksperimen adalah 186,39 sedangkan pada kelas kontrol adalah 178,76. Berdasarkan nilai thitung= 4,583 > ttabel= 1,67 pada α=5% dengan dk= 64, t berada pada daerah penolakan Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pada kedua kelas, dimana kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis juga diperoleh besar pengaruh penyampaian success story terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa adalah sebesar 0,5. Berdasarkan kriteria uji Gain, pengingkatan sebesar 0,5 termasuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Penyampaian Success Story
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:16
Last Modified: 12 Nov 2015 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21662

Actions (login required)

View Item View Item