PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VB SDN NGALIYAN 01 SEMARANG


CANDRA DIAH AGUSTIANASARI , 1401411246 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VB SDN NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411246-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPS di kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang. Ditunjukkan dengan data bahwa guru belum menerapkan model inovatif dengan pembelajaran mandiri berupa penemuan konsep sehingga siswa hanya menerima tanpa ikut menemukan informasi secara mandiri. Guru belum optimal berperan sebagai fasilitator sehingga siswa kesulitan memahami materi IPS yang abstrak, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siswa mencapai 75,68% yang memperoleh nilai di bawah KKM (66). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklusnya satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru meningkat dengan data pada siklus I skor 28 dengan kriteria baik, siklus II skornya 33 sangat baik, dan siklus III skornya 36 sangat baik; (2) aktifitas siswa siklus I memperoleh skor 24,8 dengan kriteria cukup, siklus II skornya 30,1 kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 33,6 berkriteria sangat baik; (3) hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 51,3% dengan nilai rata-rata 66,35. Siklus II meningkat menjadi 70,3% dan nilai rata-rata 72,19. Pada siklus III meningkat lagi menjadi 86,5% dengan nilai rata-rata 80,46. Simpulan penelitian adalah model Discovery Learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas VB SDN Ngaliyan 01 Semarang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran untuk perbaikan pembelajaran, sebaiknya guru meningkatkan keterampilan mengelola kelas, membimbing siswa menemukan pengetahuan barunya, dan mengembangkan peran aktif siswa dalam pembelajaran di kelas dengan cara memberikan stimulus serta motivasi kepada siswa dalam setiap kegiatan proses pembelajaran. Kata kunci: kualitas pembelajaran IPS, model Discovery Learning, media audiovisual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model Discovery Learning, media audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:10
Last Modified: 12 Nov 2015 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item