PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG


DEWI ASTUTI WULANDARI , 1401411243 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411243-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran IPA di kelas VA SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang masih belum optimal. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran siswa belajar sebatas menerima pengetahuan, guru kurang mengaitkan pengetahuan siswa dengan dunia nyata, minimnya pembentukan kerja kelompok secara optimal sehingga partisipasi aktif, minat, motivasi belajar masih kurang, guru masih sedikit memberikan kesempatan untuk bekerja dan menemukan masalah sendiri sehingga menjadikan siswa tidak mendapatkan pengetahuannya sendiri secara langsung.Sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa menjadi kurang optimal. Berdasarkan data prasiklus hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA juga menunjukkan bahwa dari 42 siswa hanya 13 siswa (31%) yang tuntas dengan mencapai KKM 65. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA (keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar) kelas VA SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 20 (baik), siklus II memperoleh skor 25 (sangat baik), dan siklus III memperoleh skor 30 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 21,3 (baik), siklus II memperoleh skor rata-rata 23,13 (baik), dan siklus III memperoleh skor rata-rata 29,2 (sangat baik); (3) hasil belajar IPA pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 64% meningkat menjadi 76% pada siklus II, dan meningkat menjadi 88% pada siklus III. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang. Saran yang diberikan yaitu pembelajaran selanjutnya dapat menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Contextual Teaching And Learning, Kualitas Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:04
Last Modified: 12 Nov 2015 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21658

Actions (login required)

View Item View Item