DESAIN REFORMASI BIROKRASI DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN REFORMASI BIROKRASI DI KEMENTERIAN BUMN RI)


HENDRY SYAHRIAL , 8111409162 (2015) DESAIN REFORMASI BIROKRASI DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN REFORMASI BIROKRASI DI KEMENTERIAN BUMN RI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 8111409162-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permen PAN RB Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi dibangun agar mampu mengatasi persoalan-persoalan yang sering terjadi pada birokrasi dan terhadap pelayanan kepada mayarakat, permulaannya untuk dapat memberikan pelayanan yang baik dan prima dihadirkan peraturan tersebut agar memperbaiki atau mereformasikan birokrasi untuk lebih mengedepankan nilai nilai good governance Masalah penelitian dalam penelitian ini meliputi: (1) Kebijakan Reformasi Birokrasi di Kementerian BUMN Tahun 2010-2013 (2) Implementasi kebijakan Reformasi Birokrasi di Kementerian BUMN RI Tahun 2010-2013 (3) Strategi percepatan Reformasi Birokrasi guna mewujudkan good governance di Kementerian BUMN Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini mengambil lokus penelitian di Kementerian BUMN RI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi kepustakaan, observasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber kombinasi. Selanjutnya data dianalisis melalui teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kebijakan Reformai Birokrasi di Kementerian BUMN sebagian telah dibuat dan sebagian dalam proses penyusunan dan yang telah dibuat mulai dilaksanakan bertahap dimulai dari perubahan pola pikir kepada stakeholder dan shareholder dalam Kementerian BUMN (2) Implementasi Kebijakan Reformasi Birokrasi di Kementerian BUMN RI Tahun 2010-2013 telah banyak mengalami perubahan bertahap dengan membentuk Tim RB dan menjadikannya sebagai bentuk pengawasan yang independent yang mana laporan langung diberikan kepada Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan menghasilkan 8 bentuk fokus perubahan dimulai dengan adanya sosialisasi secara aktif dan pasif serta masiv. (3) Strategi percepatan Reformasi Birokrasi guna mewujudkan good governance di Kementerian BUMN telah bentuk 2 cara yaitu strategi perubahan managemen dan strategi komunikasi dan kedua hal ini membentuk satu pola yang berakhir pada pencapaian good governance. Adapun saran dari penelitian ini adalah kesadaran dan kemauan untuk berubah serta kepatuhan pada regulasi yang ada, saling berkomunikasi dan menciptakan budaya kerja yang kompetitif yang bertujuan untuk menciptakan good governance.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permen PAN RB Nomor 20 Tahun 2010 dan PerPres Nomor 81 Tahun 2010, Reformasi Birokrasi, dan Good Governance
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:02
Last Modified: 12 Nov 2015 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21657

Actions (login required)

View Item View Item