PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Retno Wihyanti, 1401411241 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411241-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan merupakan salah satu bidang yang berperan penting dalam meningkatkan pembangunan bangsa. Komponen yang memberikan peranan penting dalam pendidikan salah satunya yaitu guru. Pentingnya peran guru menyebabkan kinerjanya menjadi hal yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan kinerja guru serta untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di sekolah dasar Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode survei. Variabel dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan kinerja sebagai variabel terikat. Populasi penelitian berjumlah 172 guru yang tersebar di 31 sekolah dasar negeri, sedangkan jumlah sampel penelitian yaitu 123 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan terhadap 30 responden di luar sampel, tetapi masih di dalam populasi penelitian. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linear. Dengan demikian, dilakukan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Kegiatan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis menggunakan bantuan komputer program SPSS for Windows 20. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kinerja guru berada dalam kategori tinggi dengan persentase 58,5% dan 39%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 <0,05, artinya ada pengaruh secara signifikan telah positif antara kecerdasan emosional terhadap kinerja guru, sedangkan koefisien determinasi menunjukkan 9,8%. Hal tersebut menunjukkan kecerdasan emosional dan kinerja guru yang sebelumnya dinyatakan rendah, telah terbukti sebenarnya tinggi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) kecerdasan emosional dalam kategori tinggi; (2) kinerja guru dalam kategori tinggi; (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja guru; dan (4) kinerja guru dipengaruhi 9,8% oleh kecerdasan emosional dan 90,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor- faktor lain. Disarankan guru selalu mengembangkan kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Bersertifikat Pendidik; Kecerdasan Emosional; Kinerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:58
Last Modified: 12 Nov 2015 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item