PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER PADA KOMPETENSI DASAR DIAGNOSIS GANGGUAN SISTEM STARTER SEPEDA MOTOR


Amin Fatah , 5201410069 (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER PADA KOMPETENSI DASAR DIAGNOSIS GANGGUAN SISTEM STARTER SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201410069-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga sistem starter yang telah dikembangkan dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar diagnosis gangguan sistem starter sepeda motor, serta mengetahui apakah alat peraga sistem starter dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D jenis ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam proses Analysis peneliti menganalisa ketersedian media pembelajaran yang ada di SMK Negeri 1 Kedung dan sekitarnya. Setelah itu melanjutkan langkah merancang media (Design) yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran pada kompetensi dasar diagnosis gangguan sistem starter. Sedangkan proses Development atau pengembangan alat peraga diuji kelayakannya oleh ahli media dan materi dengan hasil validasi ahli media sebesar 82.50 % dan ahli materi sebesar 74.00 %. Kategori kelayakan media tersebut masuk dalam kategori “sangat layak” untuk ahli media dan “layak” untuk ahli materi. Setelah itu diujicobakan secara terbatas pada kelas XII TSM di SMK Islam Al-Madina untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan alat peraga. Adapun hasil tanggapan siswa mengenai alat peraga yaitu siswa sangat setuju bahwa alat peraga dapat meningkatkan daya tarik, bermanfaat dan mudah digunakan dengan nilai persentase tanggapan secara keseluruhan sebesar 82.17%. Kemudian dilanjutkan proses penerapan (implementation) dengan metode eksperimen yaitu True Eksperimental Design dengan pola pretest-posttest control group design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis deskriptif dihasilkan alat peraga yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran dengan hasil kelayakan oleh ahli materi layak dan ahli media sangat layak. Sedangkan hasil analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok mengalami peningkatan. Namun besarnya peningkatan berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Terlihat dari hasil pretest-posttest pada proses implementasi alat peraga sistem starter sepeda motor, kelompok kontrol meningkat sebesar 48.88% dari rata-rata awal 52.17 menjadi 77.67. Sedangkan kelompok eksperimen peningkatannya lebih besar dengan persentase peningkatan sebesar 64.05% dari rata-rata awal 51.00 menjadi 83.67. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa alat peraga sistem starter yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan tanpa menggunakan alat peraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, sistem starter, kompetensi dasar diagnosis gangguan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:53
Last Modified: 12 Nov 2015 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item