PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG


RIESKHI OKTOVIANA SARI, 1401411240 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411240-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, serta bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berdasarkan observasi awal di kelas V SDN Mangkang Kulon 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn. Guru kurang variatif menggunakan model pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran kurang optimal. Siswa kurang memahami penjelasan guru, dan cenderung pasif saat diskusi kelompok. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, yaitu 64,10% siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dengan menerapkan model Team Assisted Individualization berbantuan media audiovisual. Model TAI adalah model pembelajaran yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Model TAI dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami materi belajar, melatih kerjasama dan menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam suatu kelompok. Rumusan masalah umum: bagaimanakah penerapan model TAI berbantuan media audiovisual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Kota Semarang? Sedangkan rumusan masalah khusus: apakah model TAI berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model TAI berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 (kategori baik), siklus II memperoleh skor 33 (kategori baik), dan siklus III memperoleh skor 38 (kategori sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 27,79 (kategori baik), siklus II memperoleh rata-rata skor 31,25 (kategori baik), dan siklus III memperoleh rata-rata skor 37,82 (kategori sangat baik). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,54%, siklus II sebesar 74,36%, dan siklus III sebesar 86,84%. Simpulan penelitian adalah model TAI berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas V SDN Mangkang Kulon 02. Saran bagi guru adalah hendaknya mampu menerapkan model TAI berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran; media audiovisual; model TAI; PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:51
Last Modified: 12 Nov 2015 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item