PERBEDAAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS ANTARA METODE LANGSUNG DAN METODE TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI PADASUGIH 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009
Dina Riyana Ningrum, 6101907109 (2009) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS ANTARA METODE LANGSUNG DAN METODE TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI PADASUGIH 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS ANTARA METODE LANGSUNG DAN METODE TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI PADASUGIH 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bola voli merupakan olahraga yang diajarkan di sekolah dasar, untuk dapat diterima dengan baik pembelajaran bola voli memerlukan beberapa modifikasi dan perubahan peraturan permainan agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam belajar bola voli serta senang mengikuti pembelajaran Penjasorkes khususnya materi Olahraga permainan bola voli, setiap materi yang disampaikan oleh guru penjasorkes perlu dicoba kefektifannya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas hasil belajar passing atas metode langsung dengan tidak langsung terhadap kemampuan passing atas siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Padasugih 01 Brebes Tahun pelajaran 2008/2009. Populasi yang diteleti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri padasugih 01 Brebes , sedangkan sampel yang diteliti adalah siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Padasugih 01 Brebes pada tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa putra, sampel dipilih dengan tehnik total sampling dengan cara undian, setelah itu dilakukan tes awal, setelah data diketahui, kemudian sampling dipasangkan dengan rumus AB-BA, sampel yang kekutannya sama dipasangkan, kemudian tiap anggota kelompok tersebut diundi menjadi kelompok eksperimen satu dan kelompok eksperimen dua, jenis dan pola penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pemberian perlakuan terhadap dua kelompok yang berbeda dengan pola M-S (Matched by Subject Design) Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada latihan passing atas metode langsung nilai mean tes awal (MX1) 36.53 dan Mean tes akhir (MX2) 36.53, Standar Deviasi (SDX1) 8.59 dan SDX2) 7.34 diperoleh t-hitung 4.380 nilai t tabel (tt) dengan derajat kebebasan 19 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 2,042 kemampuan passing atas mengalami peningkatan yang berarti. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar passing langsung lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar passing atas tidak langsung terhadap peningkatan kemampuan passing atas siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Padasugih 01 Brebes pada tahun pelajaran 2008/2009. Dalam menyampaikan materi bola voli guru penjasorkes perlu banyak mempelajari metode-metode belajar bola voli mini dan menerapkan kepada siswa metode mengajar mana yang paling mudah dipelajari dan diserap oleh siswanya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Passing Atas, Metode langsung, Metode Tidak Langsung, Bola Voli |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2011 03:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2165 |
Actions (login required)
View Item |