PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA BUKU ZIG-ZAG PADA SISWA KELAS IVA SDN PUDAKPAYUNG 01


ISTIQOMAH, 1401411239 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA BUKU ZIG-ZAG PADA SISWA KELAS IVA SDN PUDAKPAYUNG 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411239-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipergunakan dalam komunikasi secara tidak langsung. Keterampilan menulis tidak didapatkan secara alamiah, tetapi harus melalui proses belajar dan berlatih. Berdasarkan hasil refleksi bersama kolaborator di kelas IVA SDN Pudakpayung 01 Kota Semarang, keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis karangan narasi belum optimal. Dari 40 siswa, sebanyak 29 siswa (72,5%) mendapatkan nilai di bawah KKM (64). Dalam menulis karangan narasi siswa kurang mampu mengembangkan idenya dalam bentuk tulisan, serta siswa kurang antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi kodisi tersebut peneliti menerapkan model round table dengan media buku zig-zag pada pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas IVA SDN Pudakpayung 01 Kota Semarang melalui model round table dengan media buku zig-zag. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi dan perilaku siswa kelas IVA SDN Pudakpayung 01 Kota Semarang melalui model round table dengan media buku zig-zag. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari data hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I mengalami ketuntasan kasikal sebesar 45% dengan kriteria sedang, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 62,5% dengan kriteria tinggi, dan mengalami peningkatan di siklus III menjadi 82.5% dengan kriteria sangat tinggi. Perilaku siswa memperoleh skor pada siklus I rata-rata 23 siswa dengan kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata 27 siswa dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata 31 siswa dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model round table dengan media buku zig-zag dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti kelas IVA SDN Pudakpayung 01 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan narasi, buku zig-zag, round table.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:46
Last Modified: 12 Nov 2015 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item