PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TALKING STICK BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG


HESTY AYU DESIFRENTI, 1401411238 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TALKING STICK BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 05 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411238-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generelisasi yang berkaitan dengan isu sosial yang bertujuan untuk menjadi warga Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Berdasarkan refleksi diri dari guru pada pembelajaran IPS di SDN Tambakaji 05 Kota Semarang menunjukkan beberapa permasalahan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), siswa kurang aktif dan kurang minat pada pembelajaran IPS. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebagian besar belum mencapai KKM (60). Peneliti menerapkan pendekatan saintifik model talking stick berbasis multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS KD 2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS berupa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SDN Tambakaji 05 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 23 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat skor 28 dengan kategori baik, meningkat pada siklus III menjadi skor 34 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 17,4 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat skor 21,73 dengan kategori baik, meningkat menjadi 25,3 dengan kategori sangat baik pada siklus III, (3) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60,97% dengan kategori baik, siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 75,6%, dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 87,8% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa model talking stick berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti adalah guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya dengan menggunakan model talking stick.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS; talking stick; multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:35
Last Modified: 12 Nov 2015 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21643

Actions (login required)

View Item View Item