PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG


NOFIA LAILUL MUNA, 1401411237 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411237-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Ditunjukkan bahwa guru belum optimal dalam pemanfaatan media, guru kurang membimbing siswa untuk memperoleh pengetahuan secara mandiri, dan siswa belum mampu memecahkan masalah melalui pengalamannya sendiri yang mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar, ditunjukan dengan data pendukung bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai 34%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Cooperative Script berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan satu kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 01 dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 27 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 31 dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus III dengan perolehan skor 36 dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 22,58 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 27,29 dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus III dengan perolehan skor 31,63 dengan kriteria baik; (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 59%, siklus II 72%, dan pada siklus III meningkat menjadi 83%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Script Berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Saran untuk perbaikan pendidikan dan proses pembelajaran adalah guru dapat menerapkan model Cooperative Script berbantuan media audiovisual sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas mengajar guru agar lebih inovatif, aktivitas siswa agar dapat aktif berpartisipasi, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; Cooperative Script; kualitas pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:29
Last Modified: 12 Nov 2015 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item