PENERAPAN GANTI RUGI PADA ASURANSI MOBIL YANG DISEBABKAN OLEH KECELAKAAN DAN PENCURIAN (STUDI KASUS DI PT. ADIRA DINAMIKA SEMARANG)

AFRIZAL NURDIN YAZID , 8111409006 (2015) PENERAPAN GANTI RUGI PADA ASURANSI MOBIL YANG DISEBABKAN OLEH KECELAKAAN DAN PENCURIAN (STUDI KASUS DI PT. ADIRA DINAMIKA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1996Kb)

    Abstract

    Seiring dengan beragam dan banyaknya kendaraan bermotor yang beredar telah menimbulkan semakin padatnya kondisi lalu lintas dan risiko yang harus dihadapi oleh manusia juga semakin kompleks. Risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan bermotor seperti kecelakaan dan kehilangan kendaraan bermotor akibat berbagai sebab. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Penerapan ganti rugi pada asuransi mobil yang disebabkan oleh kecelakaan dan pencurian di PT. Adira Dinamika Semarang, 2) tanggung jawab hukum apabila tertanggung dituntut oleh pihak ketiga sehubungan dengan kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan yang diasuransikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ganti rugi pada asuransi mobil yang disebabkan oleh kecelakaan dan pencurian. Metode yang digunakan yuridis empiris, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data adalah studi observasi dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan: 1) penerapan ganti rugi asuransi PT. Adira Dinamika Semarang sudah sesuai dikarenakan tertanggung memperoleh ganti kerugian setelah memenuhi semua dokumen klaim yang harus dilengkapi kepada PT. Adira Dinamika Semarang. 2) Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga sehubungan dengan kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh tertanggung juga sudah sesuai, karena pihak ketiga memperoleh ganti kerugian yang diderita. Upaya hukum yang dilakukan PT. Adira Dinamika Semarang dalam penyelesaian klaim yang diajukan oleh tertanggung maupun pihak ketiga, penyelesaian tersebut menggunakan jalan negosiasi atau perundingan. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam pengajuan klaim tertanggung maupun pihak ketiga akan memperoleh ganti kerugian dari penanggung, penggantian kerugian tersebut berupa perbaikan bengkel, pembayaran uang tunai serta penggantian suku cadang. Hal ini sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia. Penyelesaian klaim kendaraan bermotor yang bermasalah baik pihak penanggung, tertanggung maupun pihak ketiga harus saling jujur sebelum klaim diajukan

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Asuransi, Ganti Rugi, Kendaraan Bermotor, Penerapan
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 12:23
    Last Modified: 12 Nov 2015 12:23

    Actions (login required)

    View Item