Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMPN 1 Sragi.


Casbari , 4401406081 (2011) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMPN 1 Sragi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMPN 1 Sragi.]
Preview
PDF (Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMPN 1 Sragi.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, melalui penerapan model pembelajaran Investigasi Kelompok pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 1 Sragi tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini berlatar belakang pembelajaran selalu dengan diskusi dan ceramah, siswa tidak pernah diajak langsung ke lapangan/ ke luar kelas, sumber belajar hanya dari buku paket dan lks, iswa kurang aktif dan hasil belajar belum maksimal , lingkungan sekitar sekolah mendukung untuk kegiatan pembelajaran Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 dan VII 2 dengan karakteristik kemampuan keduanya yang relatif sama. Siswa kelas VII 1 sebagai kelas perlakuan, yaitu melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada materi pencemaran lingkungan dengan metode investigasi kelompok, sedangkan kelas VII 2 sebagai kelas pembanding dengan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan cara guru mengajar di hari-hari biasanya yaitu dengan metode ceramah. Pada kelas perlakuan, setelah siswa melakukan pengamatan, beberapa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Siswa mengerjakan soal post test untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran, dilakukan pengambilan data aktivitas siswa selama kegiatan pengamatan dan diskusi melalui lembar observasi. Data tanggapan siswa diperoleh melalui angket. Data kinerja guru selama pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi kinerja guru . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Ketuntasan klasikal yang dicapai kelas VII 1 yaitu 100% dan di kelas VII 2 sebanyak 78%. Pencapaian ketuntasan ini disebabkan oleh aktivitas siswa dalam kegiatan pengamatan dan diskusi, serta rasa senang terhadap model pembelajaran. Sebanyak 65,12% siswa kelas VII 1 merasa sangat senang dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan 34,88% siswa merasa senang. Siswa kelas VII 2 yang merasa sangat senang sebanyak 44,19% dan merasa senang sebanyak 55,81%. Banyaknya siswa kelas VII 1 yang aktif dalam kegiatan pengamatan yaitu 93,02% dan pada kelas VII 2 yaitu 95,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada materi pencemaran lingkungan dengan metode investigasi kelompok berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar di SMP Negeri 1 Sragi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekitar Sekolah, Investigasi Kelompok, SMPN 1 Sragi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 May 2011 03:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item