PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG

ARUM DWI HARDIYANTI, 1401411236 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2966Kb)

    Abstract

    Ilmu Pengetahuan Sosial adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis, gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan. Berdasarkan refleksi awal pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas III SDN Ngijo 01 menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran belum optimal. Hal ini disebabkan adanya beberapa kendala dari guru, siswa dan metode pembelajaran yang digunakan. Kondisi tersebut memerlukan suatu perbaikan pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa. Peneliti bersama guru mitra mengambil solusi untuk melaksanakan PTK menggunakan model make a match berbantuan media audio visual. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model make a match berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Ngijo 01. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Ngijo 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan non tes meliputi observasi, dokumentasi, catatan lapangan, angket dan wawancara. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah semester genap tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 18 dan 20 dengan kriteria baik, pada siklus II mendapat skor 25 dan 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 15,3 dan 18,2 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat rata-rata skor 20,1 dan 22,2 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai presentase ketuntasan klasikal 50% dan 64%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu presentase ketuntasan klasikal mencapai 75% dan 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngijo 01. Saran yang diusulkan peneliti adalah guru hendaknya melakukan pembelajaran yang inovatif dan menarik misalnya dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual ketika mengajar. Selain itu siswa harus dilibatkan secara aktif selama proses belajar mengajar berlangsung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Audio Visual; IPS; Kualitas; Pembelajaran; Make A Match
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 12:20
    Last Modified: 12 Nov 2015 12:20

    Actions (login required)

    View Item