STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN METODE KONVENSIONAL BERMEDIAKAN SLIDE POWER POINT MATERI LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 01 KERSANA TAHUN 2014/2015

Amaliyah Mu’milah, 3201411055 (2015) STUDI KOMPARASI TENTANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN METODE KONVENSIONAL BERMEDIAKAN SLIDE POWER POINT MATERI LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 01 KERSANA TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2727Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi, lingkungan sekitar SMA Negeri 1 Kersana sangat cocok digunakan sebagai sumber belajar, akantetapi selama ini guru belum memanfaatkanya, guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dengan slide power point, dan siswa terlihat kurang tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun potensi alam yang terdapat di lingkungan sekitar sekolah yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar antara lain taman, persawahan, sungai kecil dan tempat pembuangan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan metode pembelajaran outdoor study dengan metode konvensional bermediakan slide power point. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IIS SMA Negeri 01 Kersana tahun ajaran 2014/2015. Teknik sampling menggunakan random sampling menghasilkan kelas XI.IIS.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IIS.2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket. Metode analisis data menggunakan uji t (t-test) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk (64) diperoleh (5,952) > (2,033) yang menunjukan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode outdoor study dengan metode konvensional bermediakan slide power point. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran outdoor study, siswa mengamati objek yang dipelajarinya secara langsung sehingga pemahaman konsep lebih mudah. Berbeda dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional bermediakan slide power point, dimana kegiatan pengamatan dilakukan menggunakan gambar yang ditayangkan melalui slide power point, mereka hanya dituntut memahami, sehingga lambat laun pemahaman yang diperoleh akan hilang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode outdoor study lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional bermediakan slide power poin. Untuk itu, metode pembelajaran outdoor study perlu diterapkan oleh guru sebagai alternatif dalam pembelajaran geografi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, lingkungan hidup, metode outdoor study, studi komparasi, power point
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 10:52
    Last Modified: 12 Nov 2015 10:52

    Actions (login required)

    View Item