PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 02 SEMARANG

Nur Aini Zamchariro , 1401411091 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3027Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA yaitu guru kurang melakukan variasi pembelajaran serta kurang mengoptimalkan media pembelajaran. Siswa kurang berminat terhadap pembelajaran IPA serta partisipasi siswa dalam kegiatan diskusi kelompok rendah dan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 38%. Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model Think Pair And Share (TPS) berbantuan Media audio visual diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada KD 8.2, KD 8.3, dan KD 8.4 melalui model Think Pair And Share (TPS) berbantuan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 02.Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada KD 8.2, KD 8.3, dan KD 8.4 di kelas IV SDN Sukorejo 02 melalui model Think Pair And Share (TPS) berbantuan media audio visual. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan observasi, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksaanakan dalam 3 siklus pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang yang berjumlah 34 siswa dan guru sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan.Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru meningkat, terbukti pada siklus I memperoleh skor 27 kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor30 kriteria baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor38 kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata skor 28,88 kriteria baik, pada siklus II ratarataskor 29,05, pada siklus III rata-rata skor 34,05, (3) kriteria belajar siswa meningkat, memperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 61,76% nilai rata-rata 7,14, siklus II sebesar nilai79,41% rata-rata 74,7, siklus III mendapatkan 85,29% nilai rata-rata 8,03. Simpulan dari penelitian ini adalah Peningkatan model Think Pair And Share (TPS) berbantuan media audio visual dapatmeningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang. Saran bagi guru agar menerapkan variasi model dan media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: audio visual,IPA,kualitas, pembelajaran,TPS,
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 10:32
    Last Modified: 12 Nov 2015 10:32

    Actions (login required)

    View Item