PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG


MUHAMMAD HASBI A , 1401411086 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL NHT DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411086-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial dan bertujuan untuk mengarahkan siswa agar menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Hasil refleksi awal peneliti dengan tim kolaborator guru kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang ditemukan permasalahan pada kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan melalui model pembelajaran NHT dengan media video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model NHT dengan media video pembelajaran?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model NHT dengan media video pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan 23 siswa kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui model NHT dengan media video pembelajaran dapat: (1) meningkatkan keterampilan guru, terbukti pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 33 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 39 dengan kategori sangat baik; (2) meningkatkan aktivitas siswa, dari siklus I memperoleh rata-rata skor 27,68 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 31,28 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 35,30 dengan kategori sangat baik; (3) meningkatkan hasil belajar siswa, diketahui pada silkus I diperoleh skor rata-rata 63,13 dengan ketuntasan belajar siswa 60%, siklus II diperoleh skor rata-rata 73,65 dengan ketuntasan belajar siswa 73%, dan siklus III diperoleh skor rata-rata 83,85 dengan ketuntasan belajar siswa 86%. Simpulan penelitian ini model pembelajaran NHT dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang. Saran yang dapat disampaikan hendaknya model NHT dengan media video pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, kualitas, NHT, pembelajaran, video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:26
Last Modified: 12 Nov 2015 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item