PEMANFAATAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SEBAGAI OBJEK WISATA EDUKATIF DI DESA SUKOHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI

Aji Novia Prastanti, 3201411030 (2015) PEMANFAATAN TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SEBAGAI OBJEK WISATA EDUKATIF DI DESA SUKOHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (875Kb)

    Abstract

    Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah tempat mengarantinakan atau menimbun sampah yang diangkut dari sumber sampah sehingga tidak mengganggu lingkungan. TPA Kabupaten Pati menyediakan daya tarik wisata untuk pengunjung. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui potensi tempat pembuangan akhir (TPA) Kabupaten Pati sebagai objek wisata edukatif. 2) Menganalisis pemanfaatan potensi tempat pembuangan akhir (TPA) Kabupaten Pati sebagai objek wisata edukatif. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di TPA Kabupaten Pati. Populasi penelitian yaitu wisatawan yang mengunjungi TPA Kabupaten Pati. Sampel pada penelitian ini adalah 30 wisatawan umum dan 30 wisatawan pelajar yang berkunjung ke TPA saat penelitian dilaksanakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu wisatawan umum dan wisatawan pelajar yang datang saat penelitian dilakukan. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentatif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Pati memiliki potensi sebagai objek wisata edukatif. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya daya tarik wisata yang bersifat edukatif yaitu Kebun Keanekaragaman Hayati, Pondok Taman Baca, dan Unit Pembuatan Kompos. Berdasarkan data hasil wawancara dengan pengelola TPA, potensi-potensi wisata edukatif yang dimiliki tergolong sudah dimanfaatkan secara baik untuk wisatawan. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa pemanfaatan TPA di bidang wisata edukatif bagi wisatawan umum sebesar 67,91% dan wisatawan pelajar sebesar 77,50%. Keduanya tergolong pada kategori baik (B). Simpulan penelitian: 1) Tempat pembuangan akhir (TPA) Kabupaten Pati memiliki potensi sebagai objek wisata edukatif yaitu daya tarik wisata edukatif berupa Kebun Kehati, Pondok Taman Baca dan Unit Pembuatan Kompos. 2) Tingkat pemanfaatan potensi TPA Kabupaten Pati sebagai objek wisata edukatif bagi wisatawan umum dan pelajar tergolong baik dengan persentase 67,91% untuk wisatawan umum dan 77,50% untuk wisatawan pelajar. Saran penelitian: 1) Potensi wisata edukatif yang dimiliki TPA Kabupaten Pati perlu peningkatan sistem pemeliharaan daya tarik wisata yang tersedia. 2) Tingkat pemanfaatan TPA sebagai objek wisata edukatif dapat ditingkatkan dengan promosi wisata yang dilakukan pihak pengelola dan Dinas Pekerjaan Umum bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Pariwisata Kabupaten Pati. 3) Pemerintah Daerah sebaiknya menyususun Peraturan Daerah tentang objek wisata TPA Kabupaten Pati sebagai objek wisata berbasis eco-edu-tourism.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tempat Pembuangan Akhir, Objek Wisata Edukatif
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 10:19
    Last Modified: 12 Nov 2015 10:19

    Actions (login required)

    View Item