PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG


DIYAH SETIYANINGRUM , 1401411077 (2015) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411077-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

IPSadalah ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Latar belakang masalah adalah kualitas pembelajaran IPS perlu ditingkatkan. Peningkatan kualitas pembelajaran IPS terdiri dari keterampilan guru, aktivitas siswa, da hasil belajar. Data hasil belajar siswa menunjukkan sebanyak 21 siswa (70%) dari 30 siswa tidak tuntas KKM (64). Hal tersebut terjadi karena guru belum optimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran sehingga menyebabkan aktivitas siswa dan hasil belajar rendah. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS melalui penerapan model Learning Cycle dengan media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah model Learning Cycle dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IVC SDN Karangayu 02 Kota Semarang?”.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Learning Cycle dengan media video pada siswa kelas IVC SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi sebagai perencanaan siklus selanjutnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas IVC SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh kriteria baik, siklus II memperoleh kriteria sangat baik, dan siklus III memperoleh kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat kriteria baik, siklus II mendapat kriteria baik, dan siklus III mendapat kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa siswa siklus I memperoleh kriteria cukup,siklus II memperoleh kriteria baik, dan siklus III memperoleh kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah model Learning Cycle dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IVC SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menarik seperti model Learning Cycle dengan media video sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa harus dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran dan sekolah perlu melengkapi sarana-prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; kualitas pembelajaran; Learning Cycle; video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:18
Last Modified: 12 Nov 2015 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item