IMPLEMENTASI MODEL THINK TALK WRITE MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 SEMARANG


OCKTA DELVIA , 1401411075 (2015) IMPLEMENTASI MODEL THINK TALK WRITE MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411075-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh observasi awal di kelas III SDN Ngijo 01 Semarang. Dari hasil observasi diperoleh data yaitu 39,28% siswa kelas III kurang terampil dalam menulis puisi. Hal ini dikarenakan guru kurang melatih siswa, siswa kurang aktif dan siswa bosan dan kondisi kelas ramai. Sehingga pencapaian hasil evaluasi siswa pada pokok bahasan menulis puisi kurang maksimal, nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 88. Rumusan masalah yang muncul yaitu bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan media audiovisual pada siswa kelas III SDN Ngijo 01 Semarang dengan mengimplementasikan model Think Talk Write. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Ngijo 01 Semarang. Jumlah siswa sebanyak 28. Sedangkan variabel penelitian adalah (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi; (3) hasil belajar siswa dalam menulis puisi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 23 yang termasuk kategori baik, siklus II memperoleh skor 27 termasuk kategori baik, siklus III memperoleh skor 30 termasuk kategori sangat baik. Skor aktivitas siswa pada siklus I 19,39 termasuk kategori baik, pada siklus II 24,83 termasuk kategori baik, dan siklus III 28,97 termasuk kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil keterampilan menulis siklus I sebesar 64,1 dengan ketuntasan klasikal 60,7%, siklus II sebesar 70,08 dengan ketuntasan klasikal 71,43% dan siklus III sebesar 80,13 dengan ketuntasan klasikal 85,72%. Simpulan dari hasil penelitian adalah model pembelajaran Think Talk Write dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Disarankan bahwa model pembelajaran Think Talk Write hendaknya diterapkan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual; keterampilan; menulis; puisi; Think Talk Write
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:09
Last Modified: 12 Nov 2015 15:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

View Item View Item